Rabu, 07 Oktober 2009

Implementasi ini menggunakan JMF(Java Media Framework) API 2.1.1 e serta sebuah webcam yang digunakan sebagai sistem broadcast. idenya adalah gambar yang ditangkap webcam akan ditransmit ke klien yang membutuhkan. pada softwarenya juga terdapat opsi untuk menentuka kualitas gambar dan suara yang di transmit tergantung bandwidth yang tersedia.

Sekarang ini perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) telah berkembang pesat salah satunya dalam hal bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa pemrograman, salah satunya adalah Java yang sudah tidak di ragukan lagi perannya dalam perkembangan TI.


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di semua platform tanpa harus mengubah kode sedikitpun dengan syarat pada sistem yang digunakan sudah terdapat JRE (Java Runtime Environment). Hal inilah yang menjadi kekuatan Java sebagai bahasa pemrograman multiplatform write once run anywhere. Aplikasi menggunakan Java sangatlah luas dan dibagi menjadi tiga sub bagian yaitu J2EE (Java 2 Enterprise Edition), J2SE (Java 2 Standard Edition), dan J2ME (Java 2 Micro Edition). Dari ketiga sub bagian tersebut yang membedakan adalah cakupan aplikasi yang ingin dibuat. J2EE digunakan untuk aplikasi yang bersifat enterprise dan dalam sekala yang besar seperti sistem terdistribusi, J2SE digunakan untuk aplikasi standard pada desktop sedangkan J2ME lebih dikonsentrasikan untuk aplikasi yang bersifat embedded seperti mobile device. Dari ketiga sub bagian yaitu J2EE, J2SE, dan J2ME masih dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang spesifik dan disesuaikan dengan kebutuhan. J2SE adalah framework yang sering digunakan, karena semua platform Java menggunakan J2SE sebagai base development.


JMF API (Java Media Framework Application Programming Interface) adalah extension dari J2SE yang dikonsentrasikan untuk pemrograman pada multimedia streaming (JMF version 2.1.1e). JMF version 2.1.1e sudah mendukung RTP (Realtime Protocol) yang digunakan sebagai protokol aplikasi yang realtime seperti audio/video streaming. Dengan menggunakan API ini akan mempermudah dalam meng-implementasikan realtime protocol pada multimedia streaming.


JMF API merupakan arsitektur yang menggabungkan protokol dan pemrograman interface untuk merekam, menransmisi, dan playback media. Pada JMF version 2.1.1e, Sun's sebagai perusahaan pengembang bahasa pemrograman Java berinisiatif untuk membawa pemrosesan time-base media kedalam bahasa pemrograman Java. Time-base media adalah mengubah data yang diterima dengan berdasarkan waktu, termasuk didalamnya seperti audio dan video klip, MIDI, dan animasi.


Karakteristik time-based media adalah dibutuhkannya waktu untuk mengirimkan dan memproses media. Ketika media data dialirkan harus ditemukan timing yang tepat untuk menerima dan menapilkannya ini yang sering disebut sebagai streaming media. Misal ketika movie dimainkan, data tidak dapat dikirimkan dengan cepat sehingga akan terjadi delay pada waktu playback. Dengan kata lain, jika data tidak dapat dikirimkan dan diproses dengan cepat maka akan menyebabkan kehilangan data atau dropping frame untuk memperbaiki playback. Untuk mengatasi masalah waktu transfer data maka dikembangkan banyak format audio/video seperti Cinepak, MPEG-1, H.263, JPEG, PCM, Mu-Law, G.723.1 dan lain-lain. Dari masing masing format tersebut akan mempengaruhi kualitas video/audio, kebutuhan CPU, dan bandwidth.

Tujuan dari rancangan pembuatan software, “IMPLEMENTASI JAVA MEDIA FRAMEWORK API PADA MULTIMEDIA STREAMING” adalah sebagai berikut :


1. Menganalisa apakah program yang dibuat bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan..

2.Agar dapat memahami format yang didukung oleh Java Media Framework API .

3.Dapat mengetahui prinsip transmisi dan cara kerja dari software yang dibuat sehingga dapat digunakan dalam aplikasinya.

4.Menghasilkan produk berupa software yang dapat dikembangkan dan digunakan oleh siapa saja.

5.Melakukan perbandingan menggunakan software lain dalam hal ini menggunakan AmCap(MSI Star Cam 370i) agar dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing software.


Mengingat luasnya masalah yang menyangkut tentang pembuatan tugas akhir “IMPLEMENTASI JAVA MEDIA FRAMEWORK API PADA MULTIMEDIA STREAMING”, maka ruang lingkup masalah akan dibatasi sebagai berikut :

1.Menggunakan webcam yang sudah didukung oleh Java.

2.Diimplementasikan dalam satu kelas jaringan.

3.Format Audio video yang digunakan tidak akan dibahas.

4.Frame rate yang digunakan ± 15 fps.

5.Frame Size yang digunakan ± 640x480.

6.Untuk transmisi video akan menggunakan 15 fps dengan kualitas JPEG 0.5 sedangkan untuk audio akan menggunakan format linear.


Artikel atau teori ini di ambil dari sumber :

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/ilmu-komputer/implementasi-java-media-framework-api-pada-multimedia-streaming


Selamat membaca....^-^



God Bless You

0 komentar:

Posting Komentar