Rabu, 07 Oktober 2009

implementasi MULTIMEDIA

STUDI KELAYAKAN IMPLEMENTASI LAYANAN MULTIMEDIA MELALUI BROADBAND WIRELESS ACCESS MMDS DI INDONESIA

Layanan multimedia berbasis broadband wireless access (BWA) memiliki cakupan teknologi, frekuensi dan regulasi yang beragam. Keanekaragaman tersebut mengakibatkan struktur industri layanan multimedia tidak memperoleh skala ekonomi yang tinggi jika diimplementasikan di satu negara, sehingga penyelenggara layanan dan pelanggan akan menanggung biaya relatif tinggi. Hal yang sama terjadi di Indonesia, yakni dualisme regulasi di industri layanan multimedia yang diatur oleh Undang-Undang Telekomunikasi No. 36 Tahun 1999 dan Undang-Undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002.

Sebelum layanan multimedia berbasis BWA mengadopsi beragam jenis teknologi dan frekuensi band diimplementasikan, maka perlu adanya pengkajian pemilihan teknologi, frekuensi, channeling plan, kelayakan ekonomi dan skenario implementasi sebagaimana yang ditulis dalam penelitian ini. Benchmarking implementasi layanan multimedia BWA di beberapa negara untuk aspek teknologi dan model bisnis diperoleh dari websites dan publikasi umum. Informasi tersebut sebagai bahan olahan untuk melakukan studi kasus di 32 kota besar.

Studi kasus dilaksanakan dengan mengolah data sekunder (populasi, GDP dan semua data yang berkaitan dengan forecasting demand layanan multimedia) yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) untuk 32 kota besar. Forecasting dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun kedepan dengan mengacu nilai pertumbuhan (CA GR) data sebelumnya.

Hasil analisa menunjukkan bahwa hanya 16 kola besar yang layak secara ekonomi mengimplementasikan layanan BWA pada frekuensi band MMDS 2.5 GHZ dengan menggunakan teknologi DVB-T. Untuk pemerataan layanan multimedia di daerah, maka partisipasi pemerintah daerah, investor (pemegang lisensi) dan mitra investor (financial dan technological investors) sangat diperlukan. Partisipasi ketiga belah pihak tersebut dapat diakomodasikan ke dalam bentuk pola kerjasama. Build Operate and Transfer (BOT) merupakan pola kerjasama yang paling cocok untuk model implementasi layanan multimedia di daerah. Hal ini dikarenakan kebutuhan investasi yang relatif sedikit (US$ 3.8 juta).

Berdasarkan analisa keseluruhan, implementasi layanan multimedia berbasis BWA harus diimplementasikan secepat mungkin dengan membuat peraturan yang berkaitan dengan jenis teknologi, alokasi frekuensi dan jumlah penyelenggara layanan di masing-masing wilayah.
Deskripsi Alternatif :

Layanan multimedia berbasis broadband wireless access (BWA) memiliki cakupan teknologi, frekuensi dan regulasi yang beragam. Keanekaragaman tersebut mengakibatkan struktur industri layanan multimedia tidak memperoleh skala ekonomi yang tinggi jika diimplementasikan di satu negara, sehingga penyelenggara layanan dan pelanggan akan menanggung biaya relatif tinggi. Hal yang sama terjadi di Indonesia, yakni dualisme regulasi di industri layanan multimedia yang diatur oleh Undang-Undang Telekomunikasi No. 36 Tahun 1999 dan Undang-Undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002.

Sebelum layanan multimedia berbasis BWA mengadopsi beragam jenis teknologi dan frekuensi band diimplementasikan, maka perlu adanya pengkajian pemilihan teknologi, frekuensi, channeling plan, kelayakan ekonomi dan skenario implementasi sebagaimana yang ditulis dalam penelitian ini. Benchmarking implementasi layanan multimedia BWA di beberapa negara untuk aspek teknologi dan model bisnis diperoleh dari websites dan publikasi umum. Informasi tersebut sebagai bahan olahan untuk melakukan studi kasus di 32 kota besar.

Studi kasus dilaksanakan dengan mengolah data sekunder (populasi, GDP dan semua data yang berkaitan dengan forecasting demand layanan multimedia) yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) untuk 32 kota besar. Forecasting dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun kedepan dengan mengacu nilai pertumbuhan (CA GR) data sebelumnya.

Hasil analisa menunjukkan bahwa hanya 16 kola besar yang layak secara ekonomi mengimplementasikan layanan BWA pada frekuensi band MMDS 2.5 GHZ dengan menggunakan teknologi DVB-T. Untuk pemerataan layanan multimedia di daerah, maka partisipasi pemerintah daerah, investor (pemegang lisensi) dan mitra investor (financial dan technological investors) sangat diperlukan. Partisipasi ketiga belah pihak tersebut dapat diakomodasikan ke dalam bentuk pola kerjasama. Build Operate and Transfer (BOT) merupakan pola kerjasama yang paling cocok untuk model implementasi layanan multimedia di daerah. Hal ini dikarenakan kebutuhan investasi yang relatif sedikit (US$ 3.8 juta).

Berdasarkan analisa keseluruhan, implementasi layanan multimedia berbasis BWA harus diimplementasikan secepat mungkin dengan membuat peraturan yang berkaitan dengan jenis teknologi, alokasi frekuensi dan jumlah penyelenggara layanan di masing-masing wilayah.


IMPLEMENTASI MULTIMEDIA SERVER UNTUK APLIKASI E-EDUCATION DI ITTELKOM

Penulis Yudha Purwanto
Instansi ITTelkom

Abstrak Jaringan data LAN yang dimiliki ITTelkom saat ini masih kurang optimal pemanfaatannya, masih jarang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kampus ini. Jaringan data di ITTelkom dapat dibagi dalam dua domain yaitu jaringan packet switch dan circuit switch. Jaringan packet switch diimplementasikan dalam bentuk wired LAN dan Wireless LAN. Sedangkan jaringan circuit switch sudah tergelar lama dalam jaringan telefon local PABX. Selama ini utilitas penggunaan jaringan LAN intranet di lingkungan LAN ITTelkom masih rendah, dengan trafik yang didominasi trafik ke arah upstream internet. Padahal jaringan data yang telah ada di IT Telkom sangat potensial digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di kampus. Aplikasi e-education dengan tambahan service multimedia yang melewati jaringan data sebagai tool dari knowledge management system menjadi semakin menarik untuk direalisasikan. Multimedia yang integrasikan dalam sebuah website sebagai interface, memiliki unsur tampilan yang interaktif dan mudah di mengerti user untuk memanfaatkan aplikasi multimedia tersebut. Dalam penelitian ini, akan dilakukan desain dan implementasi untuk membuat sebuah tool KMS e-education dengan service multimedia, untuk melakukan aktivitas , download data akademik, video streaming, percakapan VoIP maupun video call di jaringan data ITTelkom. Dengan adanya website e-education di ITTelkom, aktivitas penunjang edukasi, download data, video streaming, percakapan VoIP maupun video call dapat dilakukan dengan mudah.







Sumber di Dapat dari :

http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?option=com_repository&Itemid=34&task=detail&nim=111020125


God bless you

0 komentar:

Posting Komentar